kabar mitra

Bank Negara Indonesia (BNI) membidik dua daerah di Jawa Barat untuk dikembangkan dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk “Kampoeng BNI” 2015. Kedua daerah tersebut nantinya akan dipilih berdasarkan potensi ekonomi kreatif masing-masing.

Vice President Pemimpin Wilayah BNI Kantor Wilayah Bandung, Rudi Harjito mengatakan, dua daerah yang saat ini dibidik adalah Kota Cimahi dan Tasikmalaya. “Di Jawa Barat sebenarnya banyak sekali daerah dengan ekonomi kreatif yang sangat kuat dan potensial. Namun, kami akan kembangkan bertahap melalui program Kampoeng BNI,” katanya saat berkunjung ke Kantor Pusat Pikiran Rakyat, Jln. Asia-Afrika No.77, Kota Bandung.

Menurut Rudi, dua daerah tersebut dijadikan target karena cukup menonjol di bidang ekonomi kreatif khas masing-masing. Meskipun demikian, hal itu tidak mengartikan bahwa daerah lain tak memiliki potensi serupa.

Sementara itu Wakil Pemimpin Divisi Komunikasi Perusahaan dan Kesekretariatan BNI Pusat, Harriny Yulianty mengatakan, program Kampoeng BNI merupakan salah satu bentuk CSR BNI yang telah berjalan sejak 2007. “Saat ini kami sudah memiliki 27 desa binaan dalam program Kampoeng BNI,” ujarnya.

Menurut Harriny, Kampoeng BNI merupakan langkah pembinaan dan pengembangan potensi masyarakat dengan sistem klaster. Masyarakat di wilayah tersebut tidak hanya dibantu dengan kredit kemitraan, namun dengan dibina secara berkelanjutan.

Selain diberi pelatihan untuk lebih mengembangkan produk berbasis kearifan lokal, masyarakat juga diberi arahan untuk mengembangkan jaringan pemasaran serta mengelola keuangan dengan baik agar bisa ramah bank (bankable).

Kota Cimahi dan Tasikmalaya yang akan dikembangkan pada 2015, menambah jumlah Kampoeng BNI di Jawa Barat menjadi empat daerah. Sebelumnya BNI juga sudah mendirikan Kampoeng BNI Peternakan Sapi Subang dan Kampoeng BNI Budidaya Jagung Ciamis. (Sumber. http://www.pikiran-rakyat.com)

Bappeda Provinsi Jawa Barat

Jl. Ir.H.Juanda No.287
Bandung 40135 - INDONESIA
Tel. (62-22)2516061
Fax. (62-22)2510731



TOTAL PENGUNJUNG


PENGUNJUNG ONLINE


Beranda | Sambutan dari Gubernur | Tentang Kami | Informasi Pembangunan Jabar | Agenda Tahunan | Publikasi CSR | Kontak Kami
Hak Cipta © 2011 - 2018 oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Prov. Jawa Barat