Diseminasi CSR Jabar di Kawasan Industri EJIP

tn

Untuk yang ke-3 kalinya Tim Fasilitasi CSR Jabar yang dipimpin oleh Ir. Yerry Yanuar, MM selaku Sekretaris Tim Fasilitasi CSR Jabar mengadakan acara Diseminasi CSR Jabar di Kawasan Industri EJIP Kabupaten Bekasi pada tanggal 14 Desember 2016. Tujuan dilaksanakannya kegiatan Diseminasi tersebut adalah untuk memberikan informasi kepada Perusahaan yang berada di lingkungan Kawasan Industri EJIP mengenai pentingnya melakukan CSR dilingkungan sekitar. Selain itu, acara ini juga bertujuan agar betambahnya jumlah partisipan/Mitra CSR Jabar serta memfasilitasi Perusahaan tenant Kawasan Industri EJIP untuk meningkatkan kualitas sinergi pembangunan melalui Program CSR di Jawa Barat.

Menurut Ir. Yerry Yanuar, MM “Kita akan mengembangkan pola kemitraan CSR sebagai sebuah investasi sosial dari dunia usaha (bukan sebuah “charity”) untuk berpartisipasi dalam pembangunan Jawa Barat. untuk itu, seruan dari program CSR Jabar adalah  : Jabar Maju Bersama “Mitra”. ke depan, diharapkan program CSR ini bisa terus diperluas dan dikembangkan”.

Kawasan Industri EJIP berlokasi di Kabupaten Bekasi. Bekasi sendiri merupakan pusat kegiatan Industri yang cukup besar. Dengan banyaknya Perusahaan yang menjalankan kegiatan usahanya di Bekasi diharapkan dapat memberikan kontribusi yang postif bagi lingkungan sekitarnya.

Salah satu tenant EJIP yaitu PT Tempo Scan Pacific, Tbk berbagi pengalamannya mengenai kegiatan CSR yang telah dilakukannya. Salah satu kegiatannya adalah Program Sosial Indonesia Tersenyum, yang telah dicanangkan pada tanggal 17 Juni 2007. Visi kegiatan ini adalah memberikan sumbangsih sosial agar dapat mengembalikan senyum yang hilang dari keluarga Indonesia yang anggota keluarganya mengalami kelainan bawaan sekaligus mewujudkan sisi cerah kehidupan bangsa. Dengan Misi memberikan bantuan kesehatan kepada golongan masyarakat ekonomi lemah yang buah hatinya yaitu anak-anak maupun balita memiliki kelainan bawaan pada organ tubuh maupun anggota tubuhnya baik secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi masa depan mereka.

“CSR Jabar tidak mengelola dana CSR dari Perusahaan karena prinsip CSR Jabar adalah Rupiah = 0. Setiap Perusahaan melakasanakan CSR secara mandiri, sehingga dana tersebut dikelola langsung oleh Perusahaan yang bersangkutan dan bukan merupakan pendapatan daerah Provinsi dan Kab/Kota”, menurut Ir. Yuke Mauliani Septina, M.Si sebagai narasumber dari Tim Fasilitasi CSR Jabar

Seperti acara Diseminasi sebelumnya, acara ini diakhiri dengan penandatanganan Deklarasi Jabar Maju Bersama Mitra CSR Jabar di Kawasan Industri EJIP. Deklarasi tersebut ditandatangani oleh Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat Ir. Yerry Yanuar, MM, Halim Shahab, SH, MBA selaku Direktur PT East Jakarta Industrial Park sebagai Pengelola Kawasan Industri Ejip, serta Kepala Bappeda Kabupaten Bekasi Slamet Supriyadi, SH, M.Si. Penandatanganan Deklarasi ini sebagai bukti hubungan yang baik antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Bekasi dengan pihak Perusahaan yang berada dilingkungan Kawasan Industri EJIP, serta pendukungan Perusahaan terhadap Program dan Kegiatan CSR Jabar.

 

Alamat

Tim Fasilitasi CSR Jabar
Bappeda Provinsi Jawa Barat
Jl. Ir. H. Juanda No.287, Bandung

Kontak

email : csrjabar@yahoo.co.id