KEPALA BAPPEDA JABAR MEMBERIKAN SAMBUTAN PADA ACARA PERESMIAN BERSAMA PROYEK-PROYEK CSR-PKBL JABAR TAHUN 2014

tn

Dalam merealisasikan mengembangkan program Coorporate Social Responsibility (CSR) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) di Jawa Barat. Karena itu, Tim Fasilitasi CSR-Jabar mengundang perusahaan, lembaga pegiat CSR&PKBL, Mitra CSR Jabar, Bupati dan Walikota se Jawa Barat dan OPD Provinsi Jawa Barat dalam rangka “Peresmian Bersama Proyek – Proyek CSR – PKBL Jawa Barat Tahun 2014. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Barat Gedut Sate Jl. Diponegoro No. 22 Bandung, pada tanggal 17 Desember 2014. Adapun hasil dari Sambutan Bapak Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat selaku Sekretaris Tim Fasilitasi CSR Jabar adalah sebagi berikut:

Maksud dilaksanakan acara peresmian bersama proyek-proyek CSR jabar ini adalah sebagai wujud apresiasi dan untuk memberikan informasi hasil-hasil pembangunan melalui program CSR-PKBL dunia usaha tahun 2014.

Adapun tujuannya adalah untuk : (1) Meningkatkan sinergi pembangunan antara pemerintah dengan dunia usaha; (2) Meningkatkan partisipasi/pelibatan peran dunia usaha dalam pembangunan di Jawa Barat; (3) Unjuk prestasi hasil pembangunan di Jawa Barat.

Perkenankan kami selaku penyelenggara, untuk menyampaikan beberapa hal penting berkaitan dengan acara ini yaitu :

  1. Forum CSR jabar diresmikan oleh bapak gubernur Jawa Barat pertama kalinya pada tanggal 14 januari tahun 2011, melalui pencanangan Deklarasi Bandung dengan tema utama : CSR untuk misi kemanusiaan dan lingkungan (CSR Jabar for Humanity and Environment). Dengan moto Jabar Maju Bersama “Mitra”
  2. Telah ditetapkan Perda Provinsi Jawa Barat no. 2 Tahun 2013 tentang Pedoman TJSLP serta PKBL di Jawa Barat, dengan prinsip : Deklarasi Diri/Self Declaration, (pasal 2) dan dengan pola pendanaan rupiah = 0 (nol), serta pola kerja bersinergi derajat tinggi dan koordinasi derajat rendah (pasal 3).
    1. Sekilas mengenai perjalanan fasilitasi CSR jabar sejak tahun 2011 adalah :

a. Informasi fasilitasi forum CSR jabar melalui situs www.csrjabar.com

Pengelolaan forum CSR Jabar sering menjadi target studi banding pengelolaan CSR dari Provinsi dan Kabupaten/Kota luar Jawa Barat termasuk luar Jawa.b. Sesuai kesepakatan forum CSR Jabar, setiap tahun dilakukan komunikasi/dialog pentingnya program CSR untuk dukungan pembangunan Jawa Barat khususnya bidang kemanusiaan dan lingkungan serta pembangunan infrastruktur dasar pada area lingkungan pemukiman baik di perdesaan maupun di perkotaan.

d. Gerakan bersama forum CSR Jabar telah berhasil membangun 2 puskesmas mampu poned dan 310 ruang kelas baru. Gerakan ini telah dicanangkan dengan nama sukses gerakan 50/1000 untuk kurun waktu tahun 2011-2015. Ditambah dengan pembangunan fisik sarana peribadatan, gerakan penanaman 100.000 pohon dari bumn karya pada bantaran sungai citarum, serta berbagai kegiatan non fisik yang telah dilakukan oleh 69 perusahaan mitra CSR Jabar.

8 (delapan) perusahaan terbanyak yang akan diresmikan hasil kegiatan proyek CSR 2014, melalui penandatanganan prasasti adalah : (1) PT. Aneka Tambang (11 Prasasti), (2) Chevron Geothermal Indonesia (7 Prasasti), (3) PT. Indocement Tunggal Prakasa (6 Prasasti), (4) PT. PLN Jabar Banten (6 Prasasti) (5) PT. Tirta Investama/Aqua Danone (5 Prasasti), (6) PT. Bank Jabar Banten (5 Prasasti), (7) PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (5 Prasasti) dan (8) PT. Jasa Sarana (5 Prasasti),

e. Forum CSR Jabar dipandu oleh 4 (empat) Duta CSR jabar, yang bekerja secara aktif sejak dikukuhkan pada tanggal 14 januari 2011 yaitu ibu Neni Soemawinata, Ibu Tina Talisa, Bapak Hendra Lesmana dan Bapak Syafik Umar.

Penghargaan. 6 (enam) penghargaan kepada forum CSR Jabar yang diterima oleh Bapak Gubernur :
1) Tahun 2011 : Indonesia Sustainability award dari La Tofi School Of CSR dan majalah bisnis dan CSR. Penghargaan ini sebagai apresiasi terhadap kinerja program CSR Jabar yang dinilai berhasil untuk membantu mengatasi masalah-masalah pembangunan di Jawa Barat.

2) Tahun 2012 : The Indonesian CSR Summit 2012 For Indonesia Sustainability Award dari La Tofi School of CSR, Kementerian Perekonomian dan Kadin. Penghargaan ini sebagai apresiasi terhadap pengembangan kemitraan strategis dengan perusahaan dalam Tim Fasilitasi CSR Jawa Barat untuk pendidikan, kesehatan dan lingkungan.

3) Tahun 2013 : Penghargaan Pelopor Pengembangan CSR” dari La Tofi School of CSR dan Kementerian Sosial. Penghargaan ini sebagai model forum CSR yang ditiru di mana – mana, karena melalui forum ini perusahaan bersinergi dalam pembangunan daerah.

4) Tahun 2013 : Penghargaan Indonesia Green Awards 2013 ” dari la tofi school of CSR dan Kementerian Kehutanan. Penghargaan ini sebagai model pemimpin pelestari bumi.

5) Tahun 2014 : National Award For CSR Leading Region CSR dari La tofi School Of CSR dan Kementrian Dalam Negeri. Penghargaan ini sebagai apresiasi untuk model implementasi CSR Tingkat Nasional.

6) Tahun 2014 : Pemda baik untuk model implementasi CSR pembangunan perumahan vertikal dalam bentuk rusunawa (dari La Tofi School Of CSR – Kementerian - BUMN).

Alamat

Tim Fasilitasi CSR Jabar
Bappeda Provinsi Jawa Barat
Jl. Ir. H. Juanda No.287, Bandung

Kontak

email : csrjabar@yahoo.co.id