informasiPembangunanJabar

KILAS BALIK PEMBANGUNAN JAWA BARAT TAHUN 2010

DAN PROSPEK TAHUN 2011

 

Tahun 2010 hampir berakhir dan sebentar lagi kita akan menyongsong tahun 2011. Beberapa keberhasilan dan permasalahan pembangunan tahun 2010 menjadi perhatian pemerintah provinsi dan pelajaran penting dalam menghadapi pelaksanaan pembangunan tahun 2011. Oleh karena itu perlu kiranya menguraikan beberapa keberhasilan dan permasalahan yang telah dilakukan sebagai bentuk pencermatan dan instrospeksi diri dalam mengahadapi tantangan yang semakin berat di tahun 2011.

Pada tahun 2010 Pemerintah Provinsi telah melaksanakan pembangunannya mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Provinsi (RKPD) 2010. Namun didalam perjalanannya masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Terutama adalah terjadinya bencana alam pada beberapa wilayah di Jawa Barat, antara lain, bencana longsor, gempa bumi dan banjir.

Permasalahan ekonomi, pemerintahan dan sosial budaya yang terus berkembang secara dinamis selama Tahun 2010 telah menjadi catatan untuk dicarikan solusinya dengan melibatkan seluruh stakeholders, baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat dengan tetap mengacu pada  tujuan untuk mencapai Visi Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun 2008-2013 yaitu “Tercapainya Masyarakat yang Mandiri, Dinamis dan Sejahtera”.

 Tahun 2011 merupakan tahun midterm Rencana Jangka Panjang Menengah Daerah 2008-2013, sehingga pelaksanaan pembangunan tahun 2011 akan menjadi tolok ukur keberhasilan kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubenur pada tengah tahun rencana. Beberapa informasi pembangunan yang perlu diketahui bersama pada tahun 2010 meliputi:

 

I.  PRIOTAS PEMBANGUNAN TAHUN 2010

Prioritas Pembangunan Daerah                

Prioritas pembangunan daerah Tahun 2010 merupakan penajaman, perluasan cakupan, dan kelanjutan dari prioritas pembangunan periode 2008-2009. Prioritas pembangunan daerah tersebut ditetapkan dengan memperhatikan isu strategis dan aspirasi masyarakat yang telah disepakati dalam Musrenbang berdasarkan isu strategis. Dalam mengantisipasi isu strategis diatas serta sejalan dengan Visi dan Misi Jawa Barat untuk periode 2008-2013, maka ditetapkan prioritas pembangunan daerah Tahun 2010 yang menjadi commons goal meliputi

Peningkatan  Kualitas Pendidikan,Peningkatan Kualitas Kesehatan ,Kemandirian Pangan ,Peningkatan Daya Beli Masyarakat ,Peningkatan Kinerja Aparatur Penanganan Bencana dan Pengendalian Lingkungan Hidup, Pengembangan Infrastruktur Wilayah,Pengembangan Energi dan Kecukupan air Baku,Pembangunan Perdesaan,Pengembangan Budaya Lokal dan Destinasi Wisata.Pencapaian Common Goals membutuhkan sinergitas lintas bidang dan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, antar tingkatan pemerintahan baik pusat, kabupaten/kota maupun desa/kelurahan, dan antar pelaku pembangunan baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat, serta perwilayahan pembangunan.

 

Kewilayahan  

Berdasarkan kewilayahan pembangunan daerah diarahkan pada 4 (empat) Wilayah Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (WKPP) Jawa Barat, yaitu:

1.   WKPP I mencakup: Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kota Depok,WKPP II mencakup: Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi, WKPP III, meliputi: Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan

2.   WKPP IV, meliputi: Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat  

 

II.CAPAIAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN JAWA BARAT TAHUN 2010

Perkembangan Indikator Makro Pembangunan

Beberapa perkembangan indicator makro pembangunan Jawa Barat  dapat ditunjukan antara lain dengan, indicator Indeks Pembangunan Manusia, jumlah penduduk, laju pertumbuhan ekonomi, prosentase penduduk miskin, dan prosentase pengangguran.

Perkembangan Pembangunan Jawa Barat Tahun 2010

a. Perkembangan Pembangunan Bidang Fisik

Pada pembangunan bidang fisik, telah cukup banyak dilakukan program dan kegiatan strategis, meliputi sub bidang infrastruktur wilayah, tata ruang, energi dan lingkungan hidup.

b.  Perkembangan Pembangunan Bidang Ekonomi

Pembangunan bidang ekonomi pada tahun 2010 difokuskan pada ketersediaan bahan pangan pokok antara lain; beras, jagung, kedelai dan protein hewani yang berkualitas dan berkesinambungan

c.  Perkembangan Pembangunan Bidang Sosial Budaya

Pada bidang pendidikan tahun 2010 telah diprioritaskan  untuk menciptakan sumber daya manusia Jawa Barat yang Mandiri dan Dinamis serta berdaya Saing, dengan sasaran : tuntasnya pemberantasan Buta Aksara dalam rangka Jabar bebas Buta Aksara; meningkatnya angka partisipasi jenjang pendidikan dasar dan menengah; meningkatnya angka yang melanjutkan antar jenjang dalam rangka Jabar Bebas Putus Jenjang Sekolah; meningkatnya mutu pendidikan dasar dan menengah bertaraf internasional; meningkatnya kompetensi dan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan.

d.  Perkembangan Pembangunan Bidang Pemerintahan

Pembangunan bidang Pemerintahann pada tahun 2010 difokuskan pada peningkatan pelayanan publik dan pengembangan sistem renumerasi daerah, dengan sasaran: terlaksananya reformasi birokrasi melalui penataan struktur yang proporsional, mengembangkan profesionalisme, menerapkan Insentif Berbasis Kinerja dan pengadaan secara elektronik; meningkatnya kualitas pelayanan publik dan penataan serta Pengamanan Asset Daerah; meningkatnya kinerja pengelolaan keuangan, kearsipan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang akuntabel.

 

Penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun 2010

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengukir prestasi yang membanggakan dengan meraih 18 penghargaan tingkat nasional. Capaian prestasi ini wujud pengakuan Pemerintah Pusat dan Masyarakat Indonesia atas kerja keras Pemerintahan Provinsi dan Masyarakat Jawa Barat dan diharapkan menjadi pemacu capaian yang lebih baik di masa depan.

 

 

 

III.PREDIKSI DAN TANTANGAN PEMBANGUNAN JAWA BARAT TAHU 2011

Proyeksi Makro Ekonomi Tahun 2011

Proyeksi ekonomi Jawa Barat tahun 2011 tidak terlepas dari perkembangan ekonomi tahun-tahun sebelumnya dan pengaruh perkembangan lingkungan eksternal (baik nasional maupun internasional). Setelah resesi global sejak pertengahan tahun 2008, tanda-tanda pemulihan ekonomi dunia sudah mulai terlihat sejak akhir 2009.

a.  Asumsi-Asumsi Pencapaian Makro Ekonomi Tahun 2011

Prediksi indikator makro ekonomi regional Jawa Barat yang ingin dicapai padaTahun 2011, sangat membutuhkan dukungan stabilitas ekonomi internasional dan nasional serta internal Jawa Barat.

b.  Tantangan Dan Prospek Perekonomian Daerah

Berdasarkan perkembangan internal dan dinamika ekonomi global yang terjadi pada beberapa tahun terakhir ini, perkembangan ekonomi Jawa Barat tetap menghadapi berbagai tantangan yang memerlukan respon secara komprehensif melalui aksi nyata, yang mencakup:

Pertama, meningkatkan pertumbuhan ekonomi disertai dengan keseimbangan yang lebih baik dari sumber pertumbuhan dengan investasi dan ekspor non-minyak dan gas.

Kedua, penyediaan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Keadaan lapangan pekerjaan akan menentukan proses pemulihan perekonomian Jawa Barat yang pada akhirnya dapat menekan kemiskinan dan mengurangi pengangguran.

Ketiga, menciptakan iklim investasi yang kondusif mengingat investasi merupakan salah satu penggerak kegiatan ekonomi daerah.

Keempat, meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur. Pembangunan infrastruktur mutlak diperlukan terutama dalam upaya meningkatkan perekonomian suatu wilayah.

Kelima, meningkatkan daya saing ekspor. Jawa Barat sebagai provinsi pengekspor tekstil yang besar secara nasional, dengan diberlakukannya ACFTA tekstil di Jawa Barat terancam banyak yang tutup dan diikuti oleh ancaman meningkatnya angka pengangguran (diperkirakan mancapai 40.000 buruh).

Keenam, meningkatkan partisipasi masyarakat/swasta. Tidak hanya pemerintah daerah, tetapi juga perusahaan swasta, organisasiorganisasi masyarakat dan warga untuk menampilkan kemampuannya dalam spirit kompetitif dan unggulan yang mampu tampil dalam kancah perekonomian global.

Ketujuh, membangun fondasi yang lebih kuat untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

 

Arah Kebijakan Pembangunan Tahun 2011

Pada tahun 2011 merupakan tahap penguatan sektor yang sudah mendapatkan special treatment dari tahun 2009-2010, sehingga setiap tahun merupakan proses yang berkesinambungan.

Demikian informasi kilas balik pelaksanaan pembangunan Jawa Barat pada Tahun 2010. Semoga, harapan dan tantangan yang dihadapi pada Tahun 2010 dapat menjadi pendorong dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jawa Barat.

Oleh karena itu semua komponen pendukung pembangunan yang terdiri  dunia usha,masyarakat dan Pemerintah di Provinsi Jawa Barat diharapkan dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan, dan sekaligus melakukan pengawasan bersama dan bersinergi terhadap pelaksanaan pembangunan Jawa Barat ke depan.

Untuk content lebih lengkap silakan download file Disini (PDF)

Bappeda Provinsi Jawa Barat

Jl. Ir.H.Juanda No.287
Bandung 40135 - INDONESIA
Tel. (62-22)2516061
Fax. (62-22)2510731



TOTAL PENGUNJUNG


PENGUNJUNG ONLINE


Beranda | Sambutan dari Gubernur | Tentang Kami | Informasi Pembangunan Jabar | Agenda Tahunan | Publikasi CSR | Kontak Kami
Hak Cipta © 2011 - 2018 oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Prov. Jawa Barat