halaman utama

Berikut ini adalah badan dan lembaga yang menjadi implementor atau penggiat CSR di Jawa Barat:

1. Sampoerna Foundation

Sampoerna Foundation adalah yayasan pendidikan nirlaba yang independen, bukan termasuk kegiatan Corporate Social Responsibility PT HM Sampoerna Tbk. Sampoerna Foundation tidak bekerja untuk memberi manfaat kepada suatu perusahaan atau individu tertentu.
Sampoerna Foundation bertujuan memberi manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat luas, dengan meningkatkan sektor pendidikan di Indonesia, dan memberi peluang kepada generasi muda yang berprestasi akademik cemerlang namun membutuhkan dukungan finansial untu melanjutkan studinya.

2. DSUQ/Rumah Zakat

Visi
Menjadi Lembaga Amil Zakat Bertaraf Internasional Yang Unggul dan Terpercaya

Misi

  1. Membangun kemandirian masyarakat melalui pemberdayaan secara produktif
  2. Menyempurnakan kualitas pelayanan masyarakat melalui keunggulan insani



3. Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana zakat, infak, sedekah (ZIS*).  Organisasi ini lahir dari empati kolektif komunitas jurnalis yang sering berinteraksi dengan masyarakat miskin, sekaligus kerap jumpa dengan kaum kaya.    Digagaslah manajemen galang kebersamaan dengan siapapun yang berkepedulian kepada kaum dhuafa.  Empat orang wartawan yaitu Parni Hadi, Haidar Bagir, S. Sinansari Ecip dan Eri Sudewo berpadu sebagai Dewan Pendiri lembaga independen DOMPET DHUAFA REPUBLIKA** )

*ZIS adalah donasi masyarakat yang terdiri atas zakat, infak, sedekah, wakaf dan dana lainnya dari perorangan, kelompok maupun lembaga, yang halal dan legal

**  Disebut singkat : DD

Mula Kehadiran
Sejak Harian Umum REPUBLIKA lahir awal 1993, wartawan media ini memotori segenap kerabat kerja untuk menyalurkan zakat sebesar 2,5% dari  penghasilan.  Dana tersebut dikumpulkan kemudian didayagunakan langsung kepada dhuafa yang berhak.  Karena dilakukan pada waktu-waktu sisa, tentu saja dana yang terkumpul maupun  pendayagunaannya  tidak dapat maksimal.
Dalam sebuah kegiatan di Gunung Kidul Yogyakarta, para wartawan menyaksikan aktivitas pemberdayaan kaum miskin yang didanai mahasiswa.  Dengan menyisihkan uang saku, mahasiswa membantu masyarakat miskin.  Aktivitas sosial yang telah dilakukan sambilan di lingkungan REPUBLIKA kemudian terdorong untuk dikembangkan. Apalagi kala itu, masyarakat luas pun telah terlibat menyalurkan ZISnya melalui DD.

Atas pertimbangan profesional maka DD diformalkan sebagai lembaga pada tanggal 2 Juli 1993.  Momentum ini ditetapkan sebagai hari lahir DD. 
Untuk memenuhi ketentuan hukum yang berlaku, DD mendaftarkan diri ke Departemen Sosial RI sebagai organisasi yang berbentuk Yayasan.  Pembentukan yayasan dilakukan di hadapan Notaris H Abu Yusuf SH tanggal 14 September 1994, diumumkan dalam Berita Negara RI No. 163/A.YAY.HKM/1996/PN JAKSEL.

Bappeda Provinsi Jawa Barat

Jl. Ir.H.Juanda No.287
Bandung 40135 - INDONESIA
Tel. (62-22)2516061
Fax. (62-22)2510731



TOTAL PENGUNJUNG


PENGUNJUNG ONLINE


Beranda | Sambutan dari Gubernur | Tentang Kami | Informasi Pembangunan Jabar | Agenda Tahunan | Publikasi CSR | Kontak Kami
Hak Cipta © 2011 - 2018 oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Prov. Jawa Barat